Tegangan, Arus, dan Power…………

26 02 2009

<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} @font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1073750139 0 0 159 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,”sans-serif”; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-hansi-font-family:Calibri;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;}

Voltage (Tegangan)

Pengertian dan Definisi Tegangan

Definisi 1:

Voltage atau dalam bahasa Indonesia disebut tegangan adalah beda potensial antara 2 titik dalam sirkuit rangkaian listrik yang sering diekspresikan dalam volt.

Definisi 2:

Voltage a.k.a tegangan adalah ekspresi kuantitatig besarnya perbedaan potensial dalam muatan antara 2 titik dalam medan listrik.

Semakin besar tegangan maka semakin besar arus listrik yang dihasilkan.

Definisi 3:

Voltage adalah ukuran dari electromotive force. Electromotive force adalah “tekanan listrik” yang membuat elektron bergerak di dalam rangkain listrik. Ada banyak sumber EMF (electromotive force) yaitu baterai, generator, dll.

Penjelasan 1:

Untuk memudahkan ilustrasi, tegangan dapat dianalogikan dengan aliran air.

Bila kita memiliki dua buah tabung berisi yang dihubungkan oleh sebuah pipa maka aliran air dalam pipa penghubung akan relatif stabil saat tinggi tabung pada tabung 1 dan tabung 2 sama. Bila salah satu tinggi tabung kita naikkan maka dapat dipastikan akan terjadi aliran air dari tabung yang lebih tinggi ke tabung yang lebih rendah. Semakin tinggi tabung di salah satu tabung maka aliran air akan semakin deras mengalir. Besarnya tinggi tabung menyatakan besarnya energi potensial yang dimiliki.

Semakin besar perbedaan energi potensial maka semakin besar juga air mengalir. Hal ini juga berlaku untuk aliran elektron. Saat terjadi beda potensial dalam konduktor maka akan terjadi aliran elektron yang nantinya menyebabkan timbulnya arus listrik. Semakin besar beda potensial yang terjadi maka semakin besar pula arus yang mengalir.

Penjelasan 2:

Analogi lain yang juga sering dipakai untuk menggambarkan penjelasan tegangan, arus dan power adalah system pipa air di rumah. Di rumah biasanya kita memilki tank air yang dihubungkan dengan selang. Tank air ini memiliki tekanan tertentu. Bila tekanan air ini ditingkatkan maka kemungkinan besar air akan keluar mengalir melalui selang. Begitu pula dengan aliran listrik. Bila beda potensial (tegangan) kita tingkatkan maka aliran arus akan terjadi.

Penjelasan 3:

Baterai dibuat sedemikina rupa sehingga ada perbedaan antara muatan elektron di satu sisi dan sisi lainnya. Pada dasarnya sisi dengan kelebihan elektron ingin bergerak ke sisi yang lebih positif sehingga pada akhirnya tercapai keseimbangan. Hal ini hanya bisa terjadi bila terdapat konduktor antara dua sisi tersebut. Adanya beda potensial yang dinyatakan dengan beda muatan antara satu sisi dengan sisi lainnya menyebabkan elektron dapat mengalir bila baterai dihubungkan dengan konduktor.

Satuan Unit dan Simbol Voltage

Satuan unit yang digunakan adalah volt, standard SI

Tegangan sering disimbolkan dengan V, huruf kapital tegak

Simbol untuk satuan unit tegangan adalah v, huruf kecil tegak

1 volt akan menggerakkan 1 coulomb (6.24 x 1018) muatan pembawa dalam hal ini electron melewati hambatan sebesar 1 ohm dalam 1 detik

Electric Current (Arus Listrik)

Pengertian dan Definisi Arus Listrik

Definisi 1:

Arus listrik adalah besarnya laju aliran muatan yang melewati sebuah penampang konduktor. Sering diasumsikan sebagai aliran muatan positif (walaupun sebenarnya yang mengalir adalah elektron).

Penjelasan:

Dalam suatu rangkaian listrik, sebenarnya saat suatu sisi konduktor mengalami kelebihan elektron maka kecenderungan konduktor tersebut akan mengalirkan elektronnya ke sisi yang lebih positif. Dengan demikian terjadi aliran elektron di dalam konduktor. Yang dimaksud dengan arus listrik adalah besarnya elektron yang dialirkan di satu titik pada rangkaian tersebut. Arah arus ditatapkan berlawanan dengan arah aliran elektron yaitu dari sisi bermuatan positif ke sisi bermuatan negatif. Bila dalam analogi selang air di atas, arus listrik adalah besarnya aliran air yang mengalir di dalam selang.

Satuan Unit dan Simbol Arus Listrik

Satuan unit arus listrik adalah ampere

Simbol arus listrik adalah I

Simbol untuk satuan unit arus listrik adalah A

1 ampere = 1 C/s

Berarti bila dinyatakan suatu rangkaian listrik memiliki arus 1 A berarti di satu titik dalam rangkaian tersebut dalam 1 detik terjadi aliran muatan pembawa (elektron) sebesar 1 Coloumb (1 Coulomb = 6,24X 1018 elektron).

Jenis arus listrik umumnya dibagi 2 yaitu:

DC (Direct Current) : aliran elektron kontinu dalam arah yang sama

AC (Alternating Current) : aliran elektron yang arahnya bolak-balik secara periodic

Power (Daya Listrik)

Pengertian dan Definisi Daya Listrik

Definisi 1:

Daya listrik atau Electrical Power adalah besarnya energi listrik yang dialirkan oleh rangkaian listrik. Saat arus listrik mengalir dalam rangkaian listrik, rangkaian listrik akan mentransfer energy untuk melaukan kerja mekanik atau termodinamik. Berikut adalah alat-alat yang mengkonversikan energy listrik menjadi bentuk-bentuk energy lain yang bermanfaat yaitu panas, cahaya, gerak, suara, hingga perubahan kimia.

Definsi 2:

Penjelasan 1:

Bila kita lajutkan analogi listrik dengan aliran air, penjelasna akan daya listrik adalah sebagai berikut. Bayangkan selang air dan kincir air, air yang keluar dari selang akan menggerakkan kincir air.Kita dapat meningkatkan besarnya daya kincir air dengan 2 cara yaitu dengan meningkatkan besarnya tekanan air, sehingga air yang keluar berkekuatan lebih dalam menggerakkan kincir dan atau meningkatkan besarnya debit air yang mengalir dari selang. Cara pertama tidak lain adalah meningkatkan besarnya tegangan atau beda potensial dan cara kedua adalah meningkatkan besarnya arus listrik sehingga tercipta daya listrik yang besar.

Satuan Unit dan Simbol Daya Listrik

Dari penjelasan 1, terlihat bahwa hubungan anatar tegangan, arus, dan daya listrik adalah sebagai berikut:

P = I V

P , simbol power (daya listrik) dengan satuan watt

I , simbol arus listrik dengan satuan ampere

V , simbol tegangan dengan satuan volt

Satuan unit untuk daya listrik adalah watt

Simbol untuk daya listrik adalah P

Simbol untuk satuan unit daya listrik adalah W

About these ads

Actions

Information

2 responses

18 03 2009
abrarridwan

cara mengatur keluaran daya ke heater selain memakai dimmer ada alat yang kain nggak bro ?

29 07 2009
yuli

bagus neh blgnya. sukses buat yg punya. trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: